Kecewa dengan Performa SSD WD Green 120GB

             Sejak beberapa minggu lalu, laptop yang saya pakai mulai terasa lambat, setelah saya mencari tahu diinternet. Ternyata performa storage berpengaruh besar terhadap kelancaran PC, dan memang laptop ini sudah saya pakai selama 5 tahun, wajar saja hardisknya mulai melambat.

      Mulailah saya mencari yang namanya SSD, setelah dilihat-lihat ternyata rata-rata harganya diatas 500rb, tapi ada yang menarik yaitu SSD keluaran Western Digital yang harganya waktu itu 385rb tanpa berpikir panjang saya pun beli dan percaya kualitasnya akan bagus karena keluaran brand sebesar WD saya juga menggunakan hardisk dari WD sudah lama dan tidak ada masalah.

     Setelah SSD datang, saya langsung migrate OS Windows 10 saya dari HDD lama ke SSD baru. Feel yang didapat pertama kali yaitu booting nya menjadi sangat cepat, juga membuka aplikasi.

      Tetapi setelah saya baca-baca forum ada yang salah dengan SSD saya ini, saya juga membaca forum-forum luar. Ternyata Read & Write nya tidak sesuai yang dijanjikan, bahkan WD menyembunyikan spesifikasi Write di websitenya setelah masalah ini membesar.

       Sayapun melakukan benchmark dengan CrystalDiskMark:

Yang dijanjikan:
Read: 540 MB/s
Write: 430 MB/s

   Pada bagian Sequential Read sih tidak begitu masalah, tetapi write nya terpaut cukup jauh. Belum lagi pada bagian random 4KiB yang turun drastis, seharusnya stabil dan jika turun tidak terlalu jauh, itu saya ketahui saat lihat-lihat di forum, ada yang menunjukan speed SSD Samsung dan hasilnya stabil.

    Adapula yang menceritakan SSD WD Green ini health nya menurun padahal baru dipakai 1 bulan, health ini bisa dilihat dalam software Western Digital SSD Dashboard:

      Jadi, maksud saya berbagi cerita seperti ini, agar pembaca jangan mudah tertarik oleh harga yang murah, saya sarankan kalau mau membeli SSD langsung merk Samsung saja jika budget ada. Diforum saya membaca WD sering menggonta-ganti komponennya bahkan ada yang writenya hanya kisaran 80 MB/s, kalau SSD samsung jarang sekali ada komplain, mungkin karena komponennya lebih berkualitas sebanding dengan harganya.

Komentar